Friday, December 2, 2016

Pengertian NFC dan Kegunaanya

NFC mungkin sering di dengar dan biasanya berkaitan dengan smartphone baru, fitur di smartphone yang biasanya dengan harga mahal.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. ini adalah alat di smartphone anda yang digunakan untuk berkomunikasi dengan alat di dekatnya. Beroperasi dengan radius 4cm dan terhubung dengan koneksi nirkabel dengan perangkat anda dan perangkat lain.

Perangkat anda apakah sudah suport NFC? itu bisa di lihat dari Pengaturan > Lebih atau Setting > Wireless dan Networks, dan biasanya para vendor tertentu juga menyematkan logo NFC kecil di belakang casing mereka.


NFC Mengirimkan dan menerima data melalui gelombang radio. Jadi jika perangkat menempel dengan protokol NFC mereka akan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Sebagai perangkat NFC aktif, Perangkat dapat mengirim dan merima data dengan NFC melalui tiga mode.

- Reader / Writer ( misalnya untuk membaca tag di poster NFC ) 
- Emulasi kartu ( misalnya untuk pembayaran ) 
- Peer-to-Peer ( misalnya untuk mentransfer data )

NFC di android terkadang juga memiiki masalah seperti :

- Tidak semua perangkat membawa chip NFC 
- Chip NFC tidak terletak pada tempat yang sama sehingga perlu menemukan tempat yang pas
- Kompatibilitas antar perangkat tidak universal



NFC bisa di gunakan untuk mengirim nomor telepon, mengirim gambar, mengirim dokumen , mengirim aplikasi farvorit, mengirim peta, menjalankan ponsel lain, melakukan pembayaran,dan menghubungkan dengan tag NFC.







Itulah Segudang Pengertian dan manfaat NFC.




Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan android , aplikasi,game, trik dan berita seputar gadget dan teknology.


EmoticonEmoticon